Experience
Pengalaman PKKMB UNJ 2019 FMIPA
Best Experiences in PKKMB UNJ 2019
Bismillaah
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Ya, Hello Guys !!!!
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Ya, Hello Guys !!!!
Sebelumnya perkenalkan nama gua Ilham Maulana, gua dari Fakultas MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) Prodi Kimia. Seorang manusia jomblo yang ingin tampil dewasa tapi kagak bisa-bisa 😓, jadi ya gini, udah sekian lama isi hati ini kagak ada alias kosong , huhuuuu.
Ya, gua kira itu aja ya perkenalan yang super gaje (gak jelas) dari gua hahaa... Tapi kalo boleh jujur loh ya, gua ini sebenarnya punya pribadi yang mengarah ke Introvert loh, hmmm...ya memang sih agak lebih aktif kalo di kelas sama temen deket, selebihnya gua biasanya kalo kumpul gitu jarang banyak ngomong, itu menurut gua loh ya !
Gak usah banyak talking too much lah ya, sung ae (langsung aja) !
Baik, gua disini bakal nulis (lebih tepatnya ngetik sih ya wkwk) tentang pengalaman gua di UNJ ya, ya karena gua masih Maba (Mahasiswa Baru) , pengalaman gua baru sebatas Ospek atau istilah sekarang mah PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kuliah Mahasiswa Baru).
Gua bakal nyeritain dulu nih, alasan gua kenapa gua milih UNJ. Fyi(for your information) lo semua, gua itu adalah pejuang Kedinasan akut, karena gua udah naksir sejak kelas 10 di bangku SMA. Mungkin gua tertarik akan kedinasan karena ada temen gua yang pinter banget, perempuan , dia juga udah ngambis parah Kedinasan sejak SMA bahkan dari SMP mungkin, karena salah satu pamannya pernah menjadi alumnus di STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara). Dia emang pinter banget sih pokoknya, gua aja yang katanya masuk Kelas Unggulan di SMA gua, ngerasa kalah jauh banget sama dia. Nah, dari situ gua iseng-iseng tuh searching tentang STAN. Dan gua dapat info katanya di STAN itu GRATIS, DAPAT UANG SAKU, dan LULUSANNYA DAPAT KERJA !. Gokil kan. Ya, karena jiwa kemata duitan gua bergetar, siapa sih, yang gak mau. Dari situ langsung, ya gua kudu kuliah di STAN !.
Singkat Cerita, gua lulus SMA, ya langsung dah tuh gua daftar STAN dan kebetulan dapat tes bulan Juli, bulan kelahiran gua. Oya, sebelumnya pun gua daftar SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan di hari yang sama pas gua tes STAN adalah pengumuman SBMPTN , gillaaa perasaan campur aduk menjadi satu !. Tapi, ya mau gimana lagi , gua kudu ngejalanin dengan penuh semangat dan always sabar guys 😄.
Dari situ, Allah berkehendak lain guys , di hari yang sama, gua mendapatkan berita kurang baik. Gua gagal di kedua seleksi tersebut. Ya, jujur sih sedih, nyesek dan kesel pake banget !. Intinya meskipun gitu, gua mencoba untuk bangkit, membalikkan keadaan gua yang penuh semangat dan gua harus bisa Move on !
Setelah beberapa hari gua merasakan pedih yang amat mendalam,pastinya gua gak mau tinggal diem donk. Awalnya sih gua udah siap untuk nge-Gap Year (istilah untuk orang yang ingin mempersiapkan PTN di tahun berikutnya). Tapi, emak bapak gua bener -bener pengen banget gua Kuliah, karena gua adalah salah satu anak (gua anak bungsu) yang diharapkan ortu gua untuk sukses. Yaudah lah, dari situ gua coba cari-cari informasi mengenai Jalur Masuk PTN, dan menemukanlah Penmaba UNJ, sebenarnya ada dua Mandiri yang gua ikutin yang satunya itu IPB, karena nilai gua yang minim, gua gak bisa dah tuh lolos di IPB. Pas Penmaba itu parah banget kondisinya, karena gua salah satu yang nggak niat sama sekali masuk UNJ, mungkin yang namanya takdir ya, kita gak bakal tau akan seperti apa nantinya, kita mah ngejalain aja ya kan, yang menentukan itu adalah Sang Maha Pencipta , ALLAH SWT.
Nah, abis itu udah tuh gua tes di daerah Jakarta Pusat kalo gk salah. Tiba disana, sumpah, gua minder banget karena disitu banyak banget orang yang emang keliatannya serius banget dan pinter-pinter banget. Apalagi gua kan kagak les offline, cuma bermodal Buku Wangsit dan Ruangguru + kondisinya saat itu gua abis bangkit dari kegagalan gua dan belajarnya tuh cuma dikit. Campur aduk deh, intinya mah gua terus menerus meyakini diri gua , kalo gua itu bisa. Dan Alhamdulillaah ya, diberikan kemudahan oleh Sang Pencipta pas tes haha.
Pas hari pengumuman tiba, disitu gua gemeter parah, megang HP pun sampe lemes gitu, udah gitu servernya agak error lagi hadeuuhh...Sekitar jam 3 sore baru tuh kebuka, eh pas liat halamannya ternyata bersyukur Alhamdulillaah gua keterima S1 - Kimia UNJ, anjoyyy, dan disitu emak gua yang sampe sampe nahan makan gegara nunggu tuh pengumuman, pas denger lolos langsung dah tuh, nyium dan meluk gua. Disitu gua bahagia banget, seneng dan pokoknya excited lah wkwkwk.
Kurang lebih seperti itu sejarah gua masuk UNJ jurusan Kimia.
Tiba saatnya gua bahas tentang PKKMB UNJ 2019, itu ada beberapa bagian yah, ada Briefing, Opening, Pelaksanaan dan yang terakhir ada Closing. Masih anget-anget jadi Maba, dan sebelumnya gua bakal nyeritain dulu nih something sebelum Briefing dilaksanakan 😁.
Tau tugas ? semacam makhluk tak kasat mata yang terkadang bikin hati gondok, kesel dan terkadang itu ampe bisa mengancam kehidupan kita yang santuy ini. Sama seperti MOS (Masa Orientasi Siswa). Bedanya, tugas di sini berat dan buaanyaaak banget, dari nametag, buku, tanda tangan, peralatan, inilah itulah , ribet dah pokoknya. Seru sih, karena yang gua tau FMIPA ini terkenal kreatifnya di UNJ, bayangin aja Nametag kita paling niat cuy, bentuk emas batangan 3D yang dibentuk sedemikian rupa ditambah warna-warna yang menggambarkan setiap prodi atau jurusan yang ada di FMIPA. Udah gitu ya tugasnya itu dua, ada tugas Fakultas dan ada tugas Prodi. Dan itu rasanya beeuhh Double Kill donk !. Udah ditimpa batu ditimpa lagi ama kayu, gimana gak kualahan coba.
Tapi sans, gua ngerasa itu semua buat kebaikan gua, karena dari situ gua dapat banyak banget manfaatnya. Mulai dari kenal banyak teman, cewek cantik juga, dan dunia perkuliahan yang sangat kaya akan keindividualitasannya sampai terlatih bangun pagi.
Kita lanjut yuk ke Briefing. Briefing diadakan tepat pada tanggal 17 Agustus dan semua diwajibkan datang Jam 6 pagi, gile kan ,orang-orang lomba pas hari Kemerdekaan tuh bayangkan , gua malah masuk Ospek donk, ANTI-MAINSTREAM. Baiquelah (baiklah), Di pagi hari yg pasti, Gua bangun sekitar jam 4, mempersiapkan segalanya baik berupa atribut, seragam, buku dan perlengkapan , mandi, sholat dan yang paling penting adalah Sarapan, kebetulan gua dibekelin emak gua Energen ya, meskipun bukan nasi atau roti menurut gua itu cukup kok untuk mengganti sarapan gua, apalagi seperti gua yang ngekos. Setelah beres, Gua berangkat dah tuh sekitar jam 5 lewat, dengan semangat gua pergi di saat orang-orang masih tidur lelap dikasurnya. Sesampainya disana, gua bahagia banget bisa ketemu kaka-kaka Panitia yang sigap dan sangat tegas dalam membimbing dan mengatur adek-adeknya yang newbe(baru) ini. Di sana gua diarahin sama kaka Panitia ke suatu tempat yang cukup luas, dimana ya cukup lah untuk sefakultas. Disana gua rada repot ya sama Nametag gua yang gede itu, karena talinya copot terus, panik donk pastinya takut gua kena omelan.Untungnya gua bawa lakban, jadi bisa diakalin biar kagak jatoh lagi. Setelah kita dikumpulin, kita diarahkan ke Masjid untuk Sholat Dhuha, dan disitu gua berasa banget ya keimanan gua meningkat sambil berkata nih "Waaaah, sungguh mulia yah FMIPA UNJ , lope lope banget dah".
Sholat Dhuha kelar, lu mau tau kita ngapain ?, ya pastinya acara inti donk, yaitu kita semua digiring ke sebuah aula untuk diadakannya sidang Tata Tertib Peserta PKKMB FMIPA UNJ 2019. Sebenarnya gua kaget sih, karena ternyata acara ini seformal itu,seumur-umur gua baru tau dah ospek sampe ada segala sidang. Menegangkan, seru dan ya mantap lah ya intinya, bisa ngerasain Sidang sambil bertukar pikiran dalam menyepakati sebuah aturan yang akan dilaksanakan bersama. FYI lagi nih, sidang ini dipimpin oleh kaka kaka Badan Legislatif
Sidang telah berlalu, kita masuk ke acara dimana momen paling berharga terjadi, yaitu Pemilihan Ketua Angkatan. Disini semangat, haru dan gembira menjadi satu 😌. Dan memuncak saat Terpilihnya teman gua dari Prodi Statistika namanya Abdurrahman, dia sangat keren dah pokoknya mah, semangatnya membara banget dan saat diumumkan namanya semua sontak menyanyikan Lagu Totalitas Perjuangan.
Kita beranjak kepada pengondisian kelompok, simak ya guys !
Gua kebetulan dapat kelompok 25 ya terdiri dari 13 anggota kelompok kalo gak salah, btw gua sekelompok sama yang namanya Ilham juga, tapi beda nama ,kalo dia Ilhammullah, mantul dah wkkkk, ya seperti biasa kalo ada yang namanya sama aja bakalan dibilang kembar 😑,dalam hati gua bilang, kembar darimana nya sih. Oya kelompok gua juga didampingi oleh ka Zian. Ka Zian itu orangnya lebih ke ceria, baik dan pastinya sebagai pemdamping ka Zian itu care sama adek-adeknya yang imut dan lucu ini. Gua bersyukur dapet kelompok yang super kompak, inspiratif, kreatif, inovatif, prestatif, motivatif, dan aktif 😂😂😂😂. Ini bener loh, bukan bercanda haha. Mereka asik buat diajak kerjasama, apalagi pas kita dikasih tugas PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) dan Video Dispersi Aksi Sosial. Ada Gua yang ngasih ide Dispersi, si Arfa spesialis ide Alat Jernih, Yulia sang sutradara, Ilham ahli edit foto, Mila sang mastah edit video, Dilla sang HP terbagus, Ferdy + Fifah aktor + Aktris dan masih banyak lagi dah. Entah mereka keganggu atau malah terhibur ama keberadaan gua yang bisa dibilang PD nya luar biasa, jail dan suka nyanyi wkwkwk. Sampai pernah ada anggota kelompok gua yang sampai ketawa ngakak ngedenger gua nyanyi. Ya, itulah gua, kalo lagi serius biasanya gua bakal serius, kalo emang waktunya sudah bukan serius ya udah gaskeun lah , jangan diem bae.
Pas Briefing itu sebenarnya belum pembuatan Video dan tugas kelompok gitu guys, belum kepikiran, soalnya kita baru pertama kali ketemu kan. Nah, di sini tuh kita posisinya dalam bentuk ngacak gitu ,tapi per kelompok sih,gak misah-misah. Seperti biasalah pokoknya, awal-awal kita perkenalan dulu donk, gak afdhol kalo kagak kenalan. Sembari kenalan anggota kelompok dan kaka Pendamping, kita itu diberi wejangan sama kakanya plus sambil diputerin snack ringan , yummyy !. Huahh, Keknya di saat itu sebenernya gua udah mulai ngantuk beut, tapi ya ditahan lah ya pasti. Karena acaranya pasti bakal ampe sore kan, mau gak mau.
Lanjut dah tuh, abis kita ngumpul kelompok saatnya kita Ishoma (Istirahat Sholat Makan) yang bertempat di Gedung Hasyim Asyhari. Setelah sholat, kita disuruh makan siang nih, dan disana kita sambil duduk santai mendengarkan materi dari kaka tercinta kita yaitu Ka Fahry angkatan 2016 yang masih aktif di BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). Gak lama sih waktunya, ngabisin sekitar 30-50 menit kita berdiskusi sama ka Fahry,setelah selesai berdiskusi sung dah tuh, kita di bawa ke Ruangan dimana Briefing Prodi dimulai, Oya sebenarnya tuh ada 2 PKKMB, ada PKKMB Fakultas dan ada PKKMB Prodi, tadi tuh yang gua ceritain adalah PKKMB Fakultas, nah sekarang kita masuk ke Agenda nya PKKMB Prodi.
Di Briefing Prodi,sama lah kita disambut dengan meriah dan penuh semangat oleh kaka-kaka Panitia. Yel-yel, Jargon, dan Istilah lainnya yang bikin kita gak ngantuk lah intinya. Hampir sama sih agendanya, cuma beda orang aja. Di sini, pas ngumpul kelompok gua didampingin oleh kaka yang super baik banget, care banget, dan pastinya berwibawa pula, asik dan pastinya gak capek ngadepin temen-temen sekelompok dan aku yang super zuper bawel banget 😆😆😆,nama kakanya adalah Ka Opi. Oh ya, ada yang mesti kalian tau dari ka Opi ini, tapi sorry banget nih bakal gua bahas di lain waktu ya, takutnya kepanjangan haha. Lagi and lagi kita dikasih makanan ringan, kenyang dah tuh !. Wkwkwkwk. Di PKKMB Briefing ini kita full bener pengenalan dan ngebicarain agenda selanjutnya yang akan kita tempuh.
Tibalah waktu Ashar, kita disuruh Sholat terlebih dahulu dan bergegas ke koridor untuk Sholat. Setelah sholat ashar kita (gua dan temen-temen gua) gabut banget sumpah gak boong 😵. Di waktu kegabutan ini, gua dan temen-temen gua sempet sempetin tuh yang namanya Ngerjain tugas, termasuk tugas foto Selfie bareng temen gua, padahal paginya itu adalah sidang tata tertib yang salah satu isinya tuh gak boleh megang HP, tapi karena kita semua barbar, yaudah bodo amatan lah ya wkwkwk (jangan dicontoh loh guys), selama gak ketauan.
Yah, itu semua terus kita lakuin sampe kita diarahin untuk pulang guys, huuh senengnya . Capek, lelah, badan berasa kek remuk banget setelah full seharian di kampus untuk menjalani Briefing PKKMB, tapi ini semua pastinya akan menjadi pengalaman gua yang insyaAllaah merupakan sebuah kenangan yang tidak terlupakan. Allright !
Oya, mohon maaf banget gua baru nyampein di akhir nih, kalo gua bakal nyeritain Opening, Pelaksanaan dan Closing di lain waktu ya, karena keknya kalo disini bakal puanjaaang banget dan butuh berhari-hari selesainya. InsyaAllaah gua bakal update lagi kok, sans and still waiting ya...
Salam Maba
Hidup Mahasiswa
Hidup Rakyat Indonesia
"Hidup itu sebuah misteri Tuhan, tak mudah untuk dilaksanakan dan juga ditebak Tapi, hal tersebut tidak akan berlaku bagi orang-orang yang terus menatap kesuksesan dan orang-orang yang ingin maju meraih cita dan asa yang diimpikannya"
Komentar
Posting Komentar