Auto biografi kok judulnya buku Latihan Soal ? Serius gimana ceritanya ?


Resensi Buku
oleh Ilham Maulana

Judul               : Buku Latihan Soal Mantappu Djiwa
Pengarang       : Jerome Polin Sijabat
Penerbit           : Gramedia
Tahun Terbit    : 2019
            Autobiografi adalah salah satu tulisan yang menceritakan seluk beluk kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri. Autobiografi biasanya disajikan dengan alur yang maju yaitu menceritakan kehidupannya mulai dari lahir hingga penulis mencapai sebuah kesuksesan tertentu atau bisa dikatakan cerita kehidupannya sampai di titik penulis sekarang berada. Tak banyak penulis membawakannya dengan cara yang monoton, namun tak sedikit pula yang menyajikannya dengan penuh  imajinasi yang dapat membuat para pembaca tersihir karena kenyamanan dalam mebaca isi buku. Salah satu buku yang mengangkat tema mengenai autobiografi yang disampaikan secara unik dan menarik adalah buku karangan Youtuber yang sedang naik daun yaitu Jerome Polin Sijabat dengan judul Mantappu Djiwa.
           Dari sekian banyak buku yang beredar, autobiografi memiliki corak desain yang kurang berkesan, namun perlu diketahui dalam buku Mantappu Djiwa ini, penulis menyajikan dengan sesuatu yang berbeda, yaitu menyusunnya dengan penuh dengan kekhasan si Penulis yaitu Matematika. Halaman demi halaman, bab demi bab Ilustrasi matematika melekat erat pada buku yang satu ini. Yang sangat spesial dari buku motivasi ini adalah penulis menyelingi soal Matematika berikut dengan solusi jitu penulis. Dengan keindahan dalam isi dan pebampilan fisik pastinya akan memanjakan mata pembaca.
            Pada dasarnya, buku ini menceritakan tentang kehidupan awal penulis dari lahir hingga saat ini. Penulis menceritakan bagaimana bisa menempuh Beasiswa penuh di Negeri Sakura yaitu Waseda Unversity yang pastinya tidak henti-hentinya membuat para pembaca bertanya-tanya “Kok, bisa ?” dan menginginkan hal yang sama terjadi padanya. Penulis menceritakan pula bahwa ia lahir di tengah-tengah terjadinya kerusuhan yang berlangsung di Indonesia yang kita sebut dengan Tragedi 98, tidak bisa dubayangkan bagaimana keadaannya saat itu.
            Dalam bukunya, penulis menuliskan cerita perjuangannya sehingga ia bisa kuliah di salah satu kampus terbaik di Jepang. Mulai dari aktif dalam perlombaan yang disenangi yaitu di bidang matematika, dibarengi dengan latihan, usaha, dan do’a kepada Tuhan. Banyak jatuh dan banyak juga yang berhasil, penulis mengatakan “ Itu semua adalah sebuah jalan Roma nya Tuhan, apa yang kita inginkan belum tentu sesuai dengan jalur yang Tuhan tunjukkan, karena bisa jadi yang kita inginkan itu buruk”. 
            Tak hanya itu, lagi dan lagi kita akan dikejutkan dengan motivasi dan kisah penulis dalam menggeluti dunia per-YouTube-an. Perlu usaha keras dan kesabaran tanpa batas agar semua yang kita lakukan berjalan dengan baik. Ia mengatakan bahwa semua yang ia dapat semua ini adalah bukan hasil buah tangan dirinya sendiri, semua ini tak lain dan tak bukan adalah berkat campur tangan Tuhan, support keluarga, dan bantuan dari saudara-saudara dan teman-teman serta orang-orang terdekatnya.
            Selain itu, dalam buku ini terdapat Latihan Soal yang tercantum di bagian akhir buku, ada 10 soal matematika yang diberikan untuk mengasah kemampuan pembaca. Soal yang diberikan pun memiliki tingkat yang berbeda, ada yang mudah, biasa saja, dan ada yang sulit. Dilihat dari segi pembaca sebenarnya soal tersebut bisa jadi soal yang sangat mudah bagi orang yang memang sudah master dalam Matematika, dan tidak menutup kemungkinan pula soal ini menjadi sangat sulit di hadapan orang yang belum mengenal Matematika lebih dalam.
            Buku ini sangat cocok untuk dibaca, karena memiliki isi yang sama tapi tak serupa. Sama-sama menginspirasi dalam hal kehidupan namun dibawakan dengan kemewahan yang tidak habisnya membuat para pembaca buku ini terhibur .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengusaha Berwibawa yang Tak Kenal Kata Menyerah, Pak Sandi

Sesosok Manusia Introvert Namun Overaktif

Press Release Pass TER 2020