Pengusaha Berwibawa yang Tak Kenal Kata Menyerah, Pak Sandi

Biografi Sandiaga Uno

Cerdas berwibawa, Politisi dan Pengusaha Sukses

Pak Sandi atau dengan lengkap Sandiaga Salahudin Uno lahir di Rumbai, Pekanbaru, Riau. Pada bulan Juni, tanggal 28 tahun 1969 beliau lahir dari rahim ibu yang bernama Mein R. Uno dan bapaknya bernama Razif Halik Uno asli orang Gorontalo. Bapak beliau sempat bekerja di daerah Riau, namun karena alasan tertentu mereka semua pindah ke Jakarta.

Pendidikan

Sandiaga memulai pendidikannya di SD PKSD kemudian ke SMP 12 Wijaya Jakarta Selatan dan melanjutkan sekolahnya ke SMA Katolik. Sandiaga Uno merupakan sosok yang cerdas, hal ini terbukti ketika ia kuliah di Wichita State University di Kansas, Amerika, ia berhasil lulus dengan predikat Summa Cum Laude.

Selepas lulus dari Wichita State University, ia kemudian bekerja di Bank Summa milik William Soeryadjaya. Karena kinerjanya yang cukup bagus di perusahaan, setahun kemudian ia menerima beasiswa untuk melanjutkan kuliahnya di George Washington University, Amerika Serikat. Ia menamatkan kuliahnya dengan meraih IPK sempurna 4.00 yang merupakan sebuah prestasi yang membanggakan.

Pada bidang pendidikan Pak Sandi memulainya di SD PKSD dengan di lanjut ke SMP 12 Jakarta Selatan dan di SMA Katolik. Dengan kecerdasannya beliau dapat berkuliah di Wichita State University di Amerika dengan lulus berpredikat Summa Cum Laude.

Setelah lulus beliau bekerja di suatu Bank milik Wiliam Soeryadjaja. Dari kinerja yang baik dan apik beliau mendapat beasiswa kuliah ke George Washington University, Amerika Serikat. Prestasinya sungguh luar biasa terlebih beliau lulus dengan status IPK 4.00.

Beliau mulai bekerja di bidang perusahaan investasi di Singapura, namun beberapa tahun kemudian pindah ke Kanada dengan menjabat sebagai  Executive Vice President NTI Resources Ltd.

Setelah itu, dengan keadaan yang sangat memprihatinkan pada tahun 1997, Pak Sandi terpaksa menjadi pengangguran akibat krisis moneter melanda.

Dengan keadaan terpuruk pada saat itu, beliau memutuskan ke Indonesia dan langsung melamar ke beberapa perusahaan. Namun, sayang setiap kehidupan sesorang ada kalanya butuh untuk berada di bawah, sebanyak kurang lebih 25 perusahaan menolak Pak Sandi.

Dengan keadaan seperti ini membuat Pak Sandi berupaya semaksimal mungkin untuk dapat  dan mengubah konsep bahwa “Saya harus jadi pegusaha bukan karyawan”, sehingga pada saat itu beliau mengatakan :

…Saya ini menjadi seorang pengusaha karena ‘kecelakaan’. Sebagai seorang pengusaha yang lahir dari kecelakaan, saya tidak mendesain jadi seorang pengusaha. – Sandiaga Uno.

‘Kecelakaan’ inilah yang memiliki dampak kepada Pak Sandi, karena arti di dalamnya merupakan sebuah keberkahan untuknya. Dari yang tadinya berada dalam kondisi terpuruk sedikit demi sedikit dengan mencoba untuk membuka Perusahaan Investasi kini membuahkan hasil yang baik. Dengan banyaknya ketidakpercayaan dan ketidakyakinan dari klien-klien sekarang sudah bisa menjadi bentuk koordinasi dan saling keterikatan yang baik.

Dengan keberanian tersebut Pak Sandi pernah menduduki Orang Terkaya di Indonesia. Banyak sekali pendapatan yang diperoleh dari perusahan investasi yang sukses, yaitu Saratoga Kapital.

Beliau memutuskan untuk mengundurkan diri dari Direktur utama Perusahaan tersebut dan digantikan Michael Sorjadjaja pada tanggal 10 Juni 2020. Pak Sandi saat itu berfokus pada Komite Ekonomi Nasional dan Bedahara Ikatan Cendikiawan Muslim.

Menurutnya menjadi pengusaha merupakan penyumbang 30% atas kesuksesan yang kita miliki, namun selebihnya kerja keras,serta ikhtiar.\

Source  https://voffice.co.id/jakarta-virtual-office/business-tips/biografi-sandiaga-uno-pengusaha-muda-kaya-di-indonesia/

 Ilham Maulana

1307619040

Kewirausahaan



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sesosok Manusia Introvert Namun Overaktif

Press Release Pass TER 2020